Efektivitas Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP

Puspa Dewi, Ratih Efektivitas Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Efektivitas Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. (Unpublished)

[img] Text
Ratih Puspa Dewi_150384202061_FKIP_2019.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik berbasis kearifan lokal lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bintan pada materi penyajian data. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi penyajian. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,6867, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,5846. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,005. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig. 0,0025 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran LAPS-Heuristik berbasis kearifan lokal lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ratih RPD Puspa Dewi
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:24
Last Modified: 13 Aug 2019 02:24
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item