EFEKTIVITAS MODEL SIMULASI BERBASIS MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

yetri, yetri (2019) EFEKTIVITAS MODEL SIMULASI BERBASIS MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. EFEKTIVITAS MODEL SIMULASI BERBASIS MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

[img] Text
YETRI 150388201065 BAHASA INDONESIA, JURNAL PDF.pdf

Download (325kB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL SIMULASI BERBASIS MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 1Yetri E-mail: yetri0297@gmail.com 2Legi Elfitra M.Pd legi elfitra@umrah.ac.id 3Indah Pujiastuti, M.Pd. indah.pujiastuti26@gmail.com Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Abstrak Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling pada kelas VII.A yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pretest sebelum menggunakan Model Simulasi Berbasis Media Audio-Visual memperoleh nilai rata-rata 61,87 kategori C kualifikasi rendah, sedangkan nilai posttest setelah menggunakan Model Simulasi Berbasis Media Audio-Visual memperoleh nilai rata-rata 79,75 kategori B kualifikasi tinggi. Jadi, berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh thitung yaitu 1,761 sedangkan ttabel dengan dk= 32-2 = 30 yaitu 0,361. Maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,761>0,361. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa model Simulasi Berbasis Media Audio-Visual mampu meningkatkan hasil belajar dan efektif digunakan dalam pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII.A Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bintan Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, Model Simulasi, Media Audio-Visual

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Division: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: yetri yetri yetri
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:45
Last Modified: 14 Aug 2019 07:45
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item