PENGARUH EARNING PER SHARE, STRUKTUR MODAL, STRUKTUR KEPEMILIKAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2016

Oggita, Tia (2018) PENGARUH EARNING PER SHARE, STRUKTUR MODAL, STRUKTUR KEPEMILIKAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2016. PENGARUH EARNING PER SHARE, STRUKTUR MODAL, STRUKTUR KEPEMILIKAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2016.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share, struktur modal, struktur kepemilikan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016. Teknik penelitian sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 64 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan harga saham yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel earning per share berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan earning per share, struktur modal, struktur kepemilikan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 58,6%, sedangkan sisanya sebesar 41,4% dijelaskan oleh variabel independen lainnya diluar model penelitian. Kata Kunci : Earning per share, struktur modal, struktur kepemilikan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Tia Oggita
Date Deposited: 19 Feb 2018 07:47
Last Modified: 19 Feb 2018 07:47
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item