MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI REDOKS DI KELAS X MIPA MAN BINTAN

Nita, Lukitasari (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI REDOKS DI KELAS X MIPA MAN BINTAN. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI REDOKS DI KELAS X MIPA MAN BINTAN. pp. 1-16. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Skripsi UMRAH.docx - Draft Version

Download (411kB)

Abstract

Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa tidak mencapai KKM mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi kimia redoks. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai Mei 2017, bertempat di Kelas X MIPA MAN Bintan dengan tiga siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa, lembar catatan lapangan dan soal tes objektif sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapakan model pembelajaran kombinasi Student Teams Achievement Division dan Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I, II dan III. Padsiklus I 12 atau 63% siswa tuntas, siklus II 15 atau 79% siswa tuntas dan siklus III 18 atau 95% siswa tuntas. Setiap siklus terjadi peningkatan sebesar 16%, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kombinsi STAD dan RT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kimia redoks di kelas X MIPA MAN Bintan tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Nita Lukita Sari
Date Deposited: 19 Feb 2018 06:48
Last Modified: 19 Feb 2018 06:48
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item