MEMFASILITASI PENALARAN GEOMETRI TRANSFORMASI SISWA MELALUI EKSPLORASI MOTIF MELAYU DENGAN BANTUAN GRID

Febrian, Febrian and Perdana, Sukma Adi (2017) MEMFASILITASI PENALARAN GEOMETRI TRANSFORMASI SISWA MELALUI EKSPLORASI MOTIF MELAYU DENGAN BANTUAN GRID. Jurnal Gantang, 2 (2). pp. 157-163. ISSN 2548-5547

[img]
Preview
Text
Artikel 8 Febrian.pdf

Download (492kB) | Preview
Official URL: http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Abstract

Geometri transformasi merupakan pengetahuan yang krusial dalam geometri yang dapat membangun banyak kemampuan lainnya seperti penalaran matematis. Oleh karena itu, geometri transformasi disarankan untuk diberikan pada pebelajar mulai dari usia dini. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa anak-anak memiliki ‘sense’ untuk melihat karakteristik kedinamisan pada benda, oleh karena itu memfasilitasi pembelajaran yang dapat memanfaatkan sense ini menjadi sangat penting untuk membangun pemahaman geometri transformasi. Penelitian design research ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar untuk dapat mengembangkan pengetahuan awal mereka mengenai komposisi transformasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah PMRI dengan konteks motif melayu itik pulang petang dengan bantuan grid. Hasil menunjukkan bahwa setting pembelajaran dapat memfasilitasi penalaran geometri transformasi melalui kegiatan eksplorasi motif dengan bantuan grid. Kata Kunci: komposisi transformasi, penalaran, motif melayu, grid, PMRI

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Division: ?? FakultasKeguruandanIlmuPendidikan ??
Depositing User: Mauladi Mauladi
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:36
Last Modified: 09 Jan 2018 02:36
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item