Laju Pertumbuhan Dan Produksi Biomassa Daun Enhalus acoroides Dan Thalassia hemprichii Di Perairan Kampung Bugis Kabupaten Bintan

Dina, Dina Septilia Riyani (2018) Laju Pertumbuhan Dan Produksi Biomassa Daun Enhalus acoroides Dan Thalassia hemprichii Di Perairan Kampung Bugis Kabupaten Bintan. Laju Pertumbuhan Dan Produksi Biomassa Daun Enhalus acoroides Dan Thalassia hemprichii Di Perairan Kampung Bugis Kabupaten Bintan.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DINA SEPTILIA RIYANI baru.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan dan produksi biomassa daun lamun Enhalus acoroides dan Thalassia hemprichii yang dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2017 di perairan Kampung Bugis, Kabupaten Bintan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan software archGis 10.3. Metode untuk laju pertumbuhan lamun dengan metode pemangkasan daun lamun dengan memilih daun lamun yang dikira usia sedang. Untuk biomassa daun lamun, pemangkasan daun awal sebagai biomassa alami dan biomassa akhir setelah 60 hari. Laju pertumbuhan daun lamun Enhalus acoroides setelah 60 hari sebesar 0,964 cm/hari dan Thalassia hemprichii sebesar 0,191 cm/hari. Biomassa daun lamun Enhalus acoroides yang tertinggi pada saat pengambilan akhir sebesar 11,92 gbk/m2 dan Thalassia hemprichii sebesar 3,50 gbk/m2. Dari hasil analisis regresi dan korelasi dapat diketahui bahwa Nitrat menunjukkan nilai positif dengan pertumbuhan lamun jenis Enhalus acoroides dengan tingkat hubungan rendah dan jenis Thalassia hemprichii dengan Fosfat dan DO menunjukkan nilai positif dengan tingkat hubungan rendah. Kata kunci: Bintan, Biomassa, Enhalus acoroides, Pertumbuhan, Thalassia hemprichii.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Dina Septilia Riyani
Date Deposited: 20 Feb 2018 03:32
Last Modified: 20 Feb 2018 03:32
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item