Efektivitas Pengelolaan Wisata Pantai Berbasis Masyarakat di Kawasan Konservasi Perairan Pulau Abang Kecil Kota Batam KepulauRiau

Noviyani, Noviyani putong (2018) Efektivitas Pengelolaan Wisata Pantai Berbasis Masyarakat di Kawasan Konservasi Perairan Pulau Abang Kecil Kota Batam KepulauRiau. Efektivitas Pengelolaan Wisata Pantai Berbasis Masyarakat di Kawasan Konservasi Perairan Pulau Abang Kecil Kota Batam KepulauRiau.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NVP FINAL.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di Pulau Abang Kecil Kota Batam Kepulauan Riau. Pulau Abang adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan kota Batam. Pulau ini berukuran ± 2000 x 5000 m, dan berjarak ± 50 Km dari daerah muka kuning pulau Batam. Tujuan yang akan di capai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi umum pengelolaan wisata pantai dan mengetahui tingkt efektivitas pengelolalaan wisata pantai oleh masyarakat sekitar Pulau Abang Kecil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa data angka yang di dapat dari hasil pengukuran dilokasi penelitian. Data yang diambil adalah bersumber dari data primer dan data sekunder. Prosedur penelitian dilakukan dalam 2 tahap yaitu Tahapan pertama menetapkan responden dan tahapan kedua pengukuran parameter. Prosedur penelitian dilakukan dalam 3 tahap yaitu Tahapan pertama menetapkan responden, tahapan kedua pengumpulan data dan ketiga analisis data. Berdasarkan hasil pengukuran parameter perairan, kondisi fisik pantai dan perairan masih terjaga baik karena dalam pengelolaan wisata pantai di Pulau Abang Kecil ini masih menjaga keutuhan pantai secara alami tanpa mengubah unsur fisik pantai tersebut dan kondisi nilai-nilai ekologis kawasan pantai masih tetap terjaga dengan baik oleh pengelola maupun pengunjung dan Tingkat efektivitas pengelolaan kawasan wisata pantai Pulau Abang Kecil dengan menggunakan metode METT diperoleh hasil sebesar 82.56% dalam rentang kategori efektif (67% - 100%). Kata kunci : Karakteristik wisata pantai, Pulau Abang Kecil, Pantai Dedap, tingkat efektifitas.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Noviyani Putong
Date Deposited: 20 Feb 2018 03:39
Last Modified: 20 Feb 2018 03:39
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item