PELAYANAN PADA PROGRAM TAX AMNESTY DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN TAHUN 2016

Silpia, Safitri and Rumzi, Samin and Wahjoe, Pangestoeti PELAYANAN PADA PROGRAM TAX AMNESTY DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN TAHUN 2016. FISIP UMRAH.

[img]
Preview
Text
KARYA ILMIAH SILPIA SAFITRI.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Kebijakan Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) merupakan kebijakan baru dibidang perpajakan yang dikeluarkan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah penerimaan negara yang berasal dari pajak. Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelayanan pada program tax amnesty di kantor pelayanan pajak pratama tanjung balai karimun tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan peneliti didalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang informan penelitian menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah empati pegawai didalam melakukan pelayanan pada program tax amnesty berjalan optimal dengan menjunjung prinsip integritas, profesionalisme, sinergi dengan tiap-tiap bagiannya, memberikan yang terbaik dan kesempurnaan. Program tax amnesty sudah menggunakan aplikasi berbasis teknologi karena langsung dari pusat serta dari kejelasan kewenangan yang berupa tatacara pelayanan seperti bagan struktur pun mengikuti kantor pusat. Dalam transparansi biaya adanya keterbukaan biaya namun tidak adanya pelayanan yang dibayar hanya tebusan wajib pajaknya. Mengenai efektivitas penanganan keluhan dikantor pelayanan pajak pratama tanjung balai karimun pada program tax amnesty adanya evaluasi kerja pegawai bahkan diawal-awal tax amnesty setiap minggu. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan pelayanan pada program tax amnesty di kantor pelayanan pajak pratama tanjung balai karimun yang berjalan secara optimal yaitu empati dengan customers, transparansi biaya, dan efektivitas penanganan keluhan. Sedangkan yang kurang optimal yaitu pembatasan prosedur dan kejelasan kewenangan. Dan juga sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan pelayanannya, harus dilaksanakan dengan konsisten yang dimaksud dengan adanya peran aktif pegawai serta cara pemberi2 pelayanan sangat berpengaruh terhadap hasil atau harapan yang dicapai. Tentunya hal yang paling mendasar agar masyarakat mau berpartisipasi terhadap kebijakan yang baru dikeluarkan oleh pemerintah berupa tax amnesty. Kata Kunci: Pelayanan, Pelayanan Publik, Pengampunan Pajak

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Silpia Safitri -
Date Deposited: 21 Feb 2018 08:09
Last Modified: 21 Feb 2018 08:09
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item