PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2016/2017

S.Pd, evaroliza PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2016/2017. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2016/2017. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel_Eva Roliza (130384202007).pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inquiry pada materi statistika yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Instrumen pengumpulan data adalah 1) lembar untuk mengukur validitas, yang terdiri dari lembar validitas oleh ahli media, lembar validitas oleh ahli materi, dan lembar validitas oleh ahli bahasa; 2) lembar untuk mengukur kepraktisan, yang terdiri dari lembar observasi, angket respon guru, dan angket respon siswa; 3) lembar untuk mengukur keefektifan, yang terdiri dari lembar soal tes. Lembar Kerja Siswa berbasis inquiry pada materi statistika untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tanjungpinang yang dihasilkan penelitian, sebagai berikut; 1) Lembar Kerja Siswa berbasis inquiry dikembangkan memperoleh rata-rata keseluruhan dari ketiga ahli adalah 2,97 dengan kategori valid; 2) Lembar Kerja Siswa berbasis inquiry dikembangkan memperoleh kriteria praktis, dapat dilihat dari hasil keseluruhan dari guru dan siswa adalah 77% dengan kategori baik; 3) Lembar Kerja Siswa berbasis inquiry dikembangkan memperoleh kriteria efektif, dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil tes yang didapat oleh siswa adalah adalah 76, dan ketuntasan belajar yang didapat mencapai 85%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Model Inquiry, Model ADDIE, Statistika
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.Pd eva roliza
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:25
Last Modified: 20 Feb 2018 04:25
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item