IMPLEMENTASI PERPRES RI NOMOR 73 TAHUN 2012 TENTANG STRATEGI NASIONAL PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI KOTA TANJUNGPINANG

m.guna, dharma (2018) IMPLEMENTASI PERPRES RI NOMOR 73 TAHUN 2012 TENTANG STRATEGI NASIONAL PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI KOTA TANJUNGPINANG. IMPLEMENTASI PERPRES RI NOMOR 73 TAHUN 2012 TENTANG STRATEGI NASIONAL PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI KOTA TANJUNGPINANG.

[img]
Preview
Text
Jurnal M Guna Dharma.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Kota Tanjungpinang yang terletak di Kepulauan Riau merupakan daerah yang memiliki ekosistem mangrove seluas kurang lebih 1.300 ha, namun 100 ha diantaranya rusak akibat penebangan dan penimbunan untuk pemukiman dan industri. Berdasarkan Perpres Nomor 73 Tahun 2012 seharusnya terdapat tim koordinasi pengelolaan ekosistem mangrove namun amanat pada peraturan presiden tersebut tidak dilaksanakan di provinsi Kepulauan Riau sehingga tidak ada tim yang mengelola ekosistem mangrove baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang kepala seksi Kepala seksi pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 1 orang staf lapangan, kepala seksi tata hutan dan penggunaan kawasan hutan, 1 orang kepala seksi pengelolaan hasil hutan, pemasarandan PNBP, 1 orang Polisi Hutan, 2 orang Nelayan, 1 orang masyarakat pesisir. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskripif dalam pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengelolaan ekosistem mangrove belum mengikuti Perpres Nomor 72 Tahun 2012 tentang strategi nasional pengelolaan ekosistem mangrove, sehingga hingga saat ini belum ada tim koordinasi pengelolaan ekosistem mangrove tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Dalam pengelolaan pelestarian ekosistem mangrove terdapat banyak kepentingan-kepentingan yang mempengaruhi sehingga perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak dari pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Muhamad Guna Dharma
Date Deposited: 23 Feb 2018 07:24
Last Modified: 23 Feb 2018 07:24
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item