PENGARUH PDRB, JUMLAH PENDUDUK, NILAI EKSPOR, INVESTASI (PMA, PMDN), LAJU INFLASI DAN TENAGAKERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2012 - 2015

AKHIRMAN, HERMAN (2017) PENGARUH PDRB, JUMLAH PENDUDUK, NILAI EKSPOR, INVESTASI (PMA, PMDN), LAJU INFLASI DAN TENAGAKERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2012 - 2015. Jurnal Ekonomi Maritim Indonesia, 8 (1). pp. 43-54. ISSN 20878222

[img]
Preview
Text
JURNAL 1. UNT 2017 (O).pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: http://umrah.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI PRDB, Jumlah Penduduk, Nilai Ekspor, Investasi, Laju Inflasi serta Tenagakerja suatu daerah sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Provinsi Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan negara Singapura, Malaysia dan Vietnam, dalam melaksanaan aktivitas ekonomi dan industry serta perdangangan dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi, industry dan perdangan negara lainnya seperti Sinapura, Malaysia, Vietnam, dan negara-negara MEA lainnya. Dua tahun terahir ini ekonomi Kepulauan Riau hanyaa mampu tumbuh rata-rata 7,61 persen. Belum mencapai angka 10 persen seperti yang pernah diharapkan oleh Bpk. Susiolo Bambang Yudoyono, mantan presiden RI. Ekonomi Provinsi Kepulauan Riau diukur dari tingkat pertumbuhan faktor-faktor seperti PDRB Perkapita, Jumlah penduduk, Perkembangan Ekspor, Impor, Nilai Realisasi Investasi, Tingkat Inflasi, dan Tenagakerja. Pertumbuhan ekonomi yang mampu tembus pada angka 7,61 persen salah satu indikatornya adalah bahwa Batam masih mampu memberikan rasa aman dan nyamatan bagi investor untuk menginvestasikan modal usahanya terutama disektor industry galangan kapal, dan perusahaan produksi elekronik. Kata Kunci : PDRB, Penduduk, Ekspor, Impor, Investasi, Inflasi, Tenagakerja dan Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Article
Additional Information: Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau dari tahun 2014 mengalami penurunan yang sangat signifikan dari 6,6 persen tahun 2014 turun menjadi 2,02 persen tahun 2017 triwulan II, maka saya tertarik untuk menganalisa faktor yang mempengaruhinya.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PDRB, Penduduk, Ekspor, Impor, Investasi, Inflasi, Tenagakerja dan Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Division: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: S.Sos,.MM Akhirman, S.Sos., M.M. Herman
Date Deposited: 06 May 2018 06:14
Last Modified: 06 May 2018 06:14
URI: http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item